Dasar-Dasar Kabar Beranda
Kreator konten sering kali menanyakan cara kerja Kabar Beranda, dan cara memastikan konten mereka dilihat oleh penggemar mereka. Facebook menggunakan koneksi dan aktivitas orang untuk menampilkan cerita yang paling mungkin menarik bagi mereka, dari teman dan Halaman yang paling sering berinteraksi dengan mereka.Jumlah komentar dan suka yang diterima sebuah postingan dan jenis konten apa (misalnya foto, video, update status) juga dapat membuatnya cenderung muncul di Kabar Beranda seseorang.
Penemuan di Kabar Beranda
Kreator konten dapat berhasil dengan beragam jenis video. Di bawah merupakan beberapa tips untuk mengarahkan Anda ke jalur yang benar:- Pastikan konten Anda bermakna, autentik, dan menghargai (jangan bersifat clickbait, atau menggunakan bahasa seperti “tandai teman”!).
- Posting secara konsisten untuk memperoleh kedekatan dengan pengikut Anda dan membuat mereka terus kembali untuk menonton lainnya.
- Gunakan Insight Video dan Halaman untuk melihat durasi video, topik, dan format yang paling sesuai dengan penggemar Anda, dan mempelajari demografi pemirsa Anda.
- Hanya video pendek yang berhasil di Facebook hanyalah mitos. Faktanya, video pendek dan panjang sama berhasilnya, selama durasinya memang masuk akal bagi konten Anda dan membuat penggemar terus berdatangan.
- Tonjolkan konten Anda. Gunakan gambar atau video resolusi tinggi, dan pastikan tiga detik pertama video dan gambar mini Anda menarik perhatian pemirsa.
- Bangun kredibilitas Anda seiring waktu. Mintalah masukan dari pemirsa Anda mengenai kesukaan mereka, dan beri mereka lebih banyak lagi!
Penemuan di Pencarian
Pastikan calon penggemar Anda mengetahui cara menemukan Anda di Facebook! Ada beberapa langkah kunci untuk memastikan Anda dapat ditemukan saat orang mencari Anda atau video Anda di Facebook.- Tambahkan judul deskriptif yang akurat dan keterangan tentang semua video Anda agar penggemar mengetahui tema video tersebut.
- Buat gambar mini yang menarik perhatian karena itu merupakan hal pertama yang akan dilihat di hasil pencarian. Saat Anda mengunggah video Anda, klik “Tambahkan Gambar Mini” dan pilih bingkai dari video Anda atau unggah gambar khusus.
- Tambahkan Label Video. Ini tidak dapat dilihat orang, tetapi label tersebut membantu Facebook memastikan video Anda lebih mudah ditemukan. Cukup pastikan label Anda akurat mewakili konten Anda.
Dorong Penemuan Sosial
Bersikaplah proaktif dalam mempromosikan video Anda dan menyebarkan awareness, dan pertimbangkan lakukan berikut ini:- Minta bantuan penggemar Anda menyebarluaskan dengan membagikan konten Anda dengan teman mereka.
- Bagikan video baru di kolom komentar dari video terkait yang lama namun populer.
- Promosikan silang konten Anda dengan mendorong penggemar Anda dari platform lain untuk datang menonton.
Promosikan Postingan Anda
Jika Anda ingin berinvestasi dalam meraih lebih banyak orang, mempromosikan postingan merupakan salah satu opsi. Mempromosikan postingan Anda merupakan cara cepat untuk menampilkan konten asli Anda kepada lebih banyak orang dengan mengubahnya menjadi Iklan Facebook. Cukup klik Promosikan Postingan di bawah salah satu postingan yang ingin Anda promosikan, dan ikuti petunjuknya.Selain mempromosikan postingan, Anda juga memiliki opsi membuat Iklan Facebook. Anda dapat membuat berbagai iklan dengan format (foto, video, teks) dan tujuan yang berbeda-beda (misalnya, mendorong tayangan video, atau mengajak orang ke situs web Anda).
Postingan yang dipromosikan maupun Iklan Facebook menggunakan penargetan pemirsa Facebook. Anda dapat memilih demografi, perilaku, atau minat pemirsa untuk ditujukan pada orang yang paling relevan untuk iklan atau postingan yang Anda promosikan.
Monetisasi
Cara Memperoleh Uang
Ketika sudah waktunya untuk mengembangkan bisnis Anda, ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari video Anda di Facebook:- Jeda Iklan merupakan cara untuk memperoleh uang dari iklan in-stream yang diputar di video Anda.
- Konten bermerek adalah saat konten menampilkan atau dipengaruhi oleh partner bisnis untuk nilai tukar. Jika sebuah merek mensponsori salah satu video Anda, maka itu adalah konten bermerek!
- Pernak-pernik merupakan barang yang terkait dengan konten yang ingin dibeli penggemar Anda, seperti kaos, topi, stiker, dan lain-lain.
- Tur sering kali menjadi cara yang ideal untuk keluar dan bertemu langsung dengan penggemar serta menjual tiket.
Jeda Iklan
Jeda iklan adalah fitur yang membantu Anda menyisipkan iklan ke video on-demand Anda yang baru dan yang sudah ada. Pemirsa harus menonton seluruh ikan untuk terus menonton video Anda, dan Anda akan mendapatkan bagi hasil dari setiap iklan yang ditonton pemirsa. Serupa dengan iklan lainnya di Facebook, iklan yang ditampilkan selama video Anda akan bersifat khusus bagi pemirsa.Iklan adalah cara cepat dan mudah untuk mulai memonetisasi video Anda di Facebook. Dibandingkan dengan cara lain yang digunakan kreator untuk bisa menghasilkan uang dari kontennya di Facebook, jeda iklan sangat cocok untuk konten video yang lebih panjang dengan sebuah narasi.
Agar memenuhi syarat untuk jeda iklan, Anda harus:
- Lulus dan tetap mematuhi Standar Kelayakan Monetisasi Facebook.
- Menerbitkan dari Halaman (bukan profil) dengan sedikitnya 10.000 pengikut.
- Sudah menghasilkan sedikitnya 30.000 tayangan 1 menit pada video yang berdurasi sedikitnya 3 menit dalam 60 hari terakhir.
Dapatkan Jeda Iklan
Konten Bermerek
Saat Anda semakin populer, pertimbangkan berpartner dengan merek, pengiklan, sponsor, atau marketer untuk mengembangkan konten bermerek sesuai dengan kebijakan Facebook.Konten bermerek merupakan cara ideal untuk menghasilkan uang dengan memanfaatkan keterampilan Anda. Saat Anda semakin populer, pertimbangkan berpartner dengan merek, pengiklan, sponsor, atau marketer untuk mengembangkan konten bermerek sesuai dengan kebijakan Facebook. Pertimbangkan berkolaborasi dalam hal video atau konten lain yang menyoroti produk atau layanan partner bisnis. Bersikaplah autentik dan jujur kepada pemirsa Anda, sembari memasukkan partner dalam cara yang menarik.
Tandai Partner Anda
Jika konten Anda bersponsor, cukup gunakan alat konten bermerek (ikon jabat tangan) untuk menandai partner bisnis Anda dalam sebuah postingan. Berikut beberapa hal untuk diingat saat bekerja dengan partner bisnis:- Partner bisnis yang telah Anda tandai mendapat akses ke beberapa insight tingkat tinggi tentang kinerja postingan.
- Untuk menjaga keamanan akun Anda, Anda TIDAK perlu menambahkan partner itu sebagai admin ke Halaman Anda.
- Partner bisnis memiliki opsi untuk mempromosikan distribusi postingan Anda, dengan izin Anda. Sama-sama diuntungkan.
- Pastikan menyertakan pengungkapan yang relevan untuk mematuhi hukum dan regulasi lokal yang berlaku agar sifat hubungan komersial Anda menjadi jelas.
- Ketentuan kerja sama diputuskan antara Anda dan partner bisnis Anda. Facebook tidak terlibat dalam perjanjian semacam ini.

Pengelola Kolaborasi Merek
Menemukan dan menjalin hubungan dengan merek untuk menjalin kemitraan konten bermerek yang baru bisa jadi hal yang sulit. Pertimbangkan untuk menggunakan Pengelola Kolaborasi Merek untuk membantu pengiklan menemukan Anda untuk kesepakatan konten bermerek. Saat ini, akses ke Pengelola Kolaborasi Merek terbatas. Jika Anda adalah kreator yang tertarik untuk mendapatkan akses, admin Halaman dapat mengajukan di sini.Dengan Pengelola Kolaborasi Merek, mencocokkan dan menjalin hubungan dengan merek berpusat di seputar portofolio kreator Anda. Portofolio Anda adalah tempat yang dapat dikunjungi merek untuk mempelajari tentang Halaman Anda, pemirsa, konten yang Anda posting, dan metrik tentang kinerja postingan konten bermerek Anda di masa lalu. Pelajari selengkapnya di pusat bantuan.

Jual Pernak-pernik Anda
Sudahkah Anda merancang dan memproduksi pernak-pernik berdasarkan logo dan slogan bermerek dagang atau barang terkait merek lainnya yang sah Anda miliki? Jika ya, pertimbangkan mempromosikan pernak-pernik Anda dalam video Anda dan sampaikan kepada penggemar tempat untuk membeli barang menakjubkan Anda itu. Untuk inspirasi, periksa boneka, pin, dan jaket dari Doug the Pug.Jalankan Tur
Untuk jenis Halaman musik dan komedi, Facebook memudahkan untuk mengadakan tur dan mengundang penggemar Anda. Berikut cara menjalankan tur di Facebook:- Buat acara: Buat Acara Facebook yang terpisah untuk setiap perhentian di sebuah tur.
- Buat tur: Klik Buat Tur di Tab Acara, dan isi formulir untuk info dasar tur (Anda juga dapat menambahkan acara yang sudah ada ke tur).
- Simpan & terbitkan: Setelah Anda menyimpan, tur Anda akan muncul di Tab Acara di mode konsep. Terbitkan atau Jadwalkan agar tur Anda dapat dilihat.
Mari Kita Menonton
Siap, Atur Posisi, Tonton
Watch adalah tempat utama di Facebook bagi orang-orang untuk menemukan video yang penting bagi mereka serta terhubung dengan teman dan sesama penggemar seputar konten tersebut. Sebagai kreator, Watch dapat memberi pemirsa global untuk video Anda dan membantu mengembangkan basis penggemar Anda.Semua video di Facebook memenuhi syarat untuk ditampilkan di Watch, tetapi video dengan pemirsa setia, interaksi sosial yang tinggi, dan perilaku lainnya kemungkinan besar akan disertakan. Untuk membantu meningkatkan kesempatan Anda:
- Buat konten asli yang dicari orang dan dikunjungi kembali.
- Gunakan daftar putar untuk mengatur video Anda dalam seri bertema.
- Jaga pemirsa tetap interaktif sehingga mereka terus menonton lebih lama.
- Posting konten yang memicu percakapan aktif.
- Ikuti Standar Kelayakan Monetisasi dan Pedoman Konten untuk Monetisasi kami.
Terbitkan di IGTV
Apa Anda memiliki akun Instagram? IGTV adalah aplikasi untuk Anda guna membagikan video layar penuh, hanya berformat vertikal, dan berdurasi panjang kepada penggemar Instagram Anda. Ini merupakan cara yang bagus untuk terhubung dengan penggemar yang sudah ada serta agar ditemukan oleh penggemar baru.Orang-orang bisa mencari video Anda menggunakan nama pengguna Instagram atau nama asli Anda, dan mereka dapat mengakses saluran Anda dari profil Instagram Anda. Sama seperti Instagram, penggemar dapat menyukai, mengomentari, atau membagikan video Anda.
Video di IGTV harus berdurasi antara 15 detik dan 10 menit, namun akun yang lebih besar dan akun terverifikasi dapat mengunggah video yang berdurasi hingga 60 menit menggunakan komputer. Pelajari selengkapnya tentang cara memposting konten di IGTV.
Unduh aplikasi IGTV di iOS dan Android.
Bagikan Video IGTV ke Facebook
Anda dapat dengan mudah membagikan video IGTV ke Halaman Facebook Anda dalam satu langkah. Ini akan memposting video Anda di Halaman Facebook Anda (jika memiliki beberapa Halaman FB, Anda dapat memilih untuk diposting ke halaman yang mana), membantu Anda memonetisasi video melalui jeda iklan Facebook jika Anda memenuhi syarat, dan menjadikan video memenuhi syarat untuk Facebook Watch.- Unggah video Anda
- Alihkan tombol di samping “Halaman Facebook” untuk mengaktifkan atau menonaktifkan berbagi. Jika akun Instagram Anda sudah terhubung dengan Halaman Facebook, berbagi akan diaktifkan secara default.
- Jika belum, masukkan informasi login Facebook Anda.
- Klik Posting. Video Anda akan diposting ke saluran IGTV dan Halaman Facebook Anda.
0 Comments